Bedah Mitos: Apa Benar Cristiano Ronaldo Jago Tendangan Bebas?

By Editor-S - pada 5th Apr 20 11:30 pm

Arenabola.id – Ronaldo telah menjaringkan 55 gol tendangan bebas selama berkarier, tapi tingkat konversinya menurun secara drastis dalam lima tahun terakhir.

Sulit untuk tidak terhibur dengan reaksi Paulo Dybala menanggapi kedatangan Cristiano Ronaldo di Juventus pada musim panas 2018.

Pemain Argentina itu dengan instan mengirim pesan ke grup WhatsApp yang berisi pemain senior, dengan mengatakan “Maaf, Mire [Miralem Pjanic], namun saya kira kamu tidak akan mengambil tendangan bebas lagi tahun ini.”

Tentu saja, Dybala juga takkan memiliki kesempatan itu.

Ronaldo selama ini dikenal sebagai spesialis bola mati dan, sebagai pembelian termahal dalam sejarah klub, dia dengan cepat mengambil tanggung jawab kapan pun Juve dihadiahi tendangan bebas dalam jarak tembak.

“Kita tahu bagaimana ini bekerja,” kata Dybala kepada Gazzetta dello Sport pada Oktober 2019. “Di kiri, ada Cristiano; kami hanya berdiri di sana agar fotonya terlihat bagus!”

Tidak ada satu pun dari Dybala maupun Pjanic yang punya masalah dengan Ronaldo yang mengambil tendangan bebas. Keduanya bahkan kerap memuji kehebatan eksekusi bola mati bintang Portugal itu, yang dengan mudahnya ia lakukan.

Sejauh ini Ronaldo telah mencetak 55 gol dari tendangan bebas selama berkarier – dan itu tiga lebih banyak dari rivalnya yakni Lionel Messi.

Akan tetapi, ketika kita menggali lebih dalam statistik yang ada, muncul gambaran berbeda.

Ronaldo mencetak 33 gol dari tendangan bebas selama sembilan musimnya di Real Madrid antara 2009 dan 2018 – sama banyaknya dengan bintang Barca Messi, meski itu dilakukan dari upaya yang sedikit lebih banyak (444 berbanding 419) – tapi tingkat akurasinya menurun drastis.

 

Hal Menarik Lainnya